Pengertian dan Fungsi Jaringan Komputer

Assalamu'alaikum Wr.Wb.
Kali ini saya akan membahas jaringan komputer, karena di kampus sudah mulai masuk mata kuliah jaringan. Saya akan membahas sedikit pengertian dan fungsi dari jaringa komputer, semoga dapat memberikan pengetahuan dan wawasan tentang jaringan komputer khususnya buat saya pribadi dan umumnya buat pembaca blog ini.




Jaringan Komputer adalah jaringan telekomunikasi yang memungkinkan antar komputer untuk saling berkomunikasi dengan bertukar data. Tujuan dari jaringan komputer adalah agar dapat mencapai tujuannya, setiap bagian dari jaringan komputer dapat meminta dan memberikan layanan (service). Pihak yang meminta/menerima layanan disebut sebagai (client), dan yang memberikan/mengirim layanan disebut sebagai (server), desain ini disebut dengan sistem client-server dan digunakan pada hampir seluruh jaringan komputer.

Pengertian jaringan komputer adalah sebuah sistem yang terdiri dari dua atau lebih komputer yang saling terhubung satu sama lain melalui media transmisi data sehingga dapat bertukar data dan informasi.

Apabila ingin membangun suatu sistem jaringan komputer yang lebih luas lagi jangkauannya, maka diperlukan peralatan tambahan seperti, hub, switch, router, gateway sebagai peralatan media interkoneksinya.

Fungsi dari jaringan komputer sangat banyak, diantaranya adalah:


  • Dengan jaringan komputer, kita dapat mengakses file yang kita miliki sekaligus file orang lain yang telah disebarluaskan melalui suatu jaringan internet.
  • Melalui jaringan komputer, kita bisa melakukan proses pengiriman data secara cepat, akurat dan efisien.
  • Jaringan komputer sangat membantu penggunanya untuk saling berhubungan, bertukar informasi dengan pengguna lainnya melalui jaringan komputer (internet). Dengan dapat mengirim text, gambar, audio, maupun video secara real time dengan bantuan jaringan komputer.
  • Bisa untuk sharing data, sharing printer di dalam suatu jaringan komputer.

Masih banyak lagi fungsi dan manfaat dari suatu jaringan komputer, itu hanya sebagian saja yang umum sering digunakan oleh kita.

Cukup sampai disini dulu untuk pembahasan materi jaringan komputer, semoga dapat bermanfaat khususnya buat saya pribadi yang sedang menuntut ilmu, dan umumnya buat pembaca sekalian.

Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »