Hancurkan Persegres, Maung Bandung Pesta Gol di Jalak Harupat


Persib Bandung sukses menjaga tren positif dalam gelaran Liga 1 2017 setelah membenamkan Persegres Gresik United dengan skor telak, 6-0. Bermain sebagai tuan rumah di Si Jalak Harupat, Minggu (20/8), Maung Bandung benar-benar tampil dengan sempurna selama 90 menit. Kemenangan Persib dihasilkan berkat hattrick Raphael Maitimo, Fulgensius Billy Keraf, Ezechiel N’douassel dan gol bunuh diri Andre Putra.

Maung Bandung langsung memasang Ezechiel N’douassel sejak menit pertama untuk mendulang gol sebanyak mungkin. Dia diapit oleh Shohei Matsunaga serta Atep yang dipercaya sebagai penghuni kedua flank. Sedangkan di pos playmaker Herrie Setyawan menempatkan Raphael Maitimo untuk menggantikan peran dari Michael Essien yang terkena larangan bermain.

Sedangkan di kubu tamu, Persegres tidak memainkan Sasa Zecevic dan Yusuke Kato selaku pemain asing yang baru direkrut. Laskar Joko Samudro pun hanya membawa empat amunisi yang menghuni bangku cadangan. Persegres pun hanya memasang Patrick Daniel di lini depan sebagai ujung tombak guna membongkar pertahanan lawan.

Babak I
Persib dan Persegres sama-sama bermain dengan terbuka sejak menit pertama dan berusaha ingin secepat mungkin memecah kebuntuan. Gresik pun mengancam lebih dulu lewat Yusuf Effendi pada menit ke-9. Mendapat ruang gerak di sisi kiri, pemain lincah ini melakukan drive membelah lini belakang Persib dan melepaskan sepakan keras yang bisa dihentikan Deden Natshir.

Persib sendiri memiliki beberapa peluang seperti sundulan Ezechiel N’douassel usai menerima umpan Dedi Kusnandar namun masih melebar. Begitu juga sepakan dari Achmad Jufriyanto memanfaatkan sepak pojok Shohei Matsunaga namun arahnya belum menemui sasaran. Dominasi bola pun terus dikuasai oleh anak-anak Maung Bandung.

Peluang emas pertama didapat Persib di menit 31 melalui kaki Atep. Peluang hadir ketika Ezechiel mendapat umpan jauh dan dia gagal melewati kiper meski sudah ada dalam posisi one on one. Bola liar jatuh ke kaki Atep dan sang kapten melepas shoot ke gawang. Tapi laju bola masih lemah dan mengarah tepat ke pelukan Choirun Nasirin.

Gol yang dinanti pun datang pada menit 40 lewat tandukan Raphael Maitimo menerima umpan matang Ezechiel. Aksi individu sang striker di sisi kiri membuat barisan belakang Gresik kerepotan dan crossing-nya dengan jitu mengarah ke kepala Maitimo. Sundulan pemain naturalisasi itu pun membuka skor menjadi 1-0.

Satu menit berselang, Maitimo kembali sukses mencatatkan namanya di papan skor. Matsunaga mempunyai ruang di sisi kanan dan melepakan umpan jitu ke tiang jaun. Maitimo yang tanpa kawalan mampu meraih umpan manis dan sundulan lemah sang gelandang berbuah gol. Ada protes dari lawan lantaran mereka menilai bola belum melewati garis gawang.

Akhir babak pertama ada peluang emas dari Matsunaga yang sudah berhadapan dengan kiper tapi bola masih bisa diblok dan hanya menghasilkan sepak pojok. Tidak sampai di situ, corner kick pun mampu digapai oleh Ezechiel namun sundulannya melebar dari gawang Persegres. Skor 2-0 pun menandai keunggulan Maung Bandung atas tim tamu di Si Jalak Harupat.

Babak II
Persib sama sekali tak mengendurkan daya serangnya ketika memasuki interval kedua. Gol ketiga Persib pun lahir ketika laga baru berjalan semenit akibat gol bunuh diri dari full back Gresik, Andre Putra Wibowo. Aksi solo run Ezechiel dari sisi kanan langsung diteruskan umpan tarik yang melaju cukup deras sehingga Andre sulit meredam bola.

Persegres sendiri bukan tanpa perlawanan karena beberapa kali mengancam gawang Persib. Menit 47 Patrick Daniel memberi shock therapy bagi Persib lewat sepakan keras menerima umpan Arsyad Yusgiantoro namun sepakannya menyamping tipis di sisi gawang Deden. Begitu pula tendangan Arsyad usai melakukan solo run yang cuma melambung di atas mistar.

Keunggulan tiga gol tanpa balas tak lantas membuat Persib puas. Raphael Maitimo pun akhirnya sukses mencatatkan hattrick setelah menerima umpan terobosan yang mendarat di belakang pemain bertahan tim tamu. Gelandang produktif itu pun dengan tenang menuntaskan peluang usai sepakan kerasnya melesak tajam di dalam gawang.

Pesta kemenangan Persib pun berlanjut ketika Fulgensius Billy Keraf yang masuk dari bench menggantikan Atep ikut serta membobol gawang Persegres. Menerima umpan chip Ezechiel, Billy melakukan cut inside sebelum melepaskan tendangan keras yang menghujam gawang Gresik di menit 78. Laju bola yang deras dan datang ke pojok gawang sangat sulit dihentikan kiper lawan.

Kemenangan Maung Bandung akhirnya ditutup oleh gol Ezechiel N’douassel yang berhasil membuka rekening golnya usai membobol gawang Nasirin. Menerima operan Gian Zola, Ezechiel menguasai bola di kotak penalti dan mengelabui bek lawan lewat gerakan memutar. Sepakan datar bomber asal Chad itu pun menutup pesta gol Maung Bandung di Jalak Harupat dengan skor 6-0.

Mochammad Syaban Rinaldi/SIMAMAUNG.COM

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »