Natural Language Interface to Database



NATURAL LANGUAGE INTERFACE TO DATABASE

Antarmuka (Interface) merupakan mekanisme komunikasi antara pengguna (user) dengan sistem. Antarmuka (Interface) dapat menerima informasi dari pengguna (user) dan memberikan informasi kepada pengguna (user) untuk membantu mengarahkan alur penelusuran masalah sampai ditemukan suatu solusi.

Interface berfungsi untuk menginput pengetahuan baru ke dalam basis pengetahuan sistem pakar (ES), menampilkan penjelasan sistem dan memberikan panduan pemakaian sistem secara menyeluruh (step by step) sehingga pengguna mengerti apa yang akan dilakukan terhadap suatu sistem. Tujuan sebuah interface adalah mengkomunikasikan fitur-fitur sistem yang tersedia agar user mengerti dan dapat menggunakan sistem tersebut.

Natural Language Interface to Database merupakan daerah panas penelitian sejak lama. Tujuan dari Natural Language Interface to Database System adalah untuk menerima permintaan dalam bahasa Inggris atau bahasa alam lainnya dan mencoba untuk 'memahami' mereka atau kita dapat mengatakan bahwa bahasa alami interface untuk database (NLIDB) adalah sistem yang menerjemahkan kalimat bahasa alami ke dalam query database. Meskipun penelitian awal telah dimulai sejak akhir tahun enam puluhan, NLIDB tetap sebagai masalah penelitian terbuka.

Mengumpulkan informasi dari database dengan menggunakan sistem seperti Additionally, mungkin mengubah persepsi kita tentang informasi dalam database. Secara tradisional, orang yang digunakan untuk bekerja dengan bentuk; harapan mereka sangat tergantung pada kemampuan formulir. NLIDB membuat seluruh pendekatan yang lebih fleksibel, karena itu akan memaksimalkan penggunaan database.

Ada banyak aplikasi yang dapat mengambil keuntungan dari NLIDB. Di PDA dan ponsel lingkungan, tampilan layar tidak selebar komputer atau laptop. Mengisi formulir yang memiliki banyak bidang dapat membosankan: satu mungkin harus menavigasi melalui layar, untuk menggulir, untuk mencari nilai-nilai scroll Box, dll Sebaliknya, dengan NLIDB, satu-satunya pekerjaan yang perlu dilakukan adalah dengan mengetikkan pertanyaan serupa dengan SMS (Short Messaging System).

Pengertian Antarmuka Bahasa Alami ke Dalam Database

Penggunaan bahasa alami, bahasa keseharian seperti bahasa Indonesia dalam era internet sekarang bukan lagi merupakan domain ilmu sosial saja namun juga ilmu eksak seperti komputasi dengan tujuan interoperabilitas (Wicaksana,dkk, 2005). Semakin banyak dan beragamnya asal pengguna komputer dari berbagai negara yang terhubung dalam internet dan semakin besarnya data yang ada menjadikan kemudahan untuk mendapatkan data sesuai yang diharapkan oleh pengguna adalah sebuah keniscayaan. Sebagai contoh misalkan seorang pengguna internet dari Indonesia akan mengharapkan dapat menggunakan bahasa ibunya untuk mendapatkan informasi. Natural Language Processing (NLP) sebagai salah satu bidang ilmu komputer yang mempelajari interaksi komputer dengan bahasa yang digunakan secara umum dalam kehidupan sehari-hari. Pengembangan teknik yang bertujuan bagaimana komputer memahami bahasa alami manusia dipelajari dalam NLP. Bahasa alami yang digunakan oleh manusia  dari berbagai negara akan memiliki perbedaan dalam bentuk penulisan dan pengucapan. NLP dapat digunakan untuk melakukan pengambilan kembali informasi (information retrieval) (Lewis dan Jones, 1996), baik dengan menggunakan penulisan ataupun diucapkan. Penelitian ini melakukan implementasi NLP untuk mendapatkan informasi dari data yang tersimpan dalam sistem basis data relasional.

Antarmuka bahasa alami ke dalam database / natural language interface to a database (NLIDB) adalah sistem yang memungkinkan pengguna untuk mengakses informasi yang tersimpan dalam database dengan hanya mengetik permintaan dinyatakan dalam beberapa bahasa alami (misalnya bahasa Inggris, Indonesia, dll.). Semenjak dulu, pemrosesan antarmuka bahasa alami ke dalam database merupakan suatu bidang yang panas(rawan) didalam penelitian. Tujuannya adalah untuk menerima permintaan dalam bahasa Inggris atau bahasa lainnya yang mana akan berupaya untuk memahami bahasa-bahasa tersebut dan menerjemahkannya ke dalam query database (perintah yang ada di dalam database). Meskipun penelitian ini dimulai sejak akhir tahun enam puluhan, penelitian NLIDB tetap berlanjut hingga sekarang.

Menurut Androutsopoulos, Natural Language Interfaces to Databases (NLIDB) adalah suatu sistem yang mampu mentranslasikan perintah (senctence) bahasa alami manusia menjadi query basis data (Androutsopoulos dkk, 1995). Terdapat beberapa arsitektur NLIDB yang pernah dikembangkan di dunia, diantaranya adalah :

  1. Pattern-matching system
  2. Syntax-based-system
  3. Semantic grammar system
  4. Intermediate representation language system
Kebanyakan NLIDB saat ini menggunakan arsitektur ini. Pertama-tama pertanyaan bahasa alami ditransformasikan ke intermediate logical query (query peralihan). Query ini mengekspresikan arti dari pertanyaan user dalam high level world concepts yang tidak bergantung pada struktur basis data.

Aplikasi Pengolah Bahasa Alami untuk Query Basisdata Akademik dengan Format Data Xml


Program aplikasi pengolah bahasa alami untuk query basisdata akademik dengan format data XML adalah program aplikasi yang digunakan oleh staf administrasi akademik untuk membantu pekerjaan pencarian data dalam format XML yang berkaitan dengan data akademik mahasiswa dalam basisdata akademik. Dengan menggunakan program aplikasi ini, maka staf administrasi akademik yang tidak mempunyai dasar pengetahuan SQL tetap dapat melakukan pencarian data akademik dengan menggunakan bahasa alami yaitu bahasa Indonesia.

Implementasi aplikasi pengolah bahasa alami untuk query basisdata akademik dengan format data XML menyajikan suatu perangkat lunak aplikasi yang dapat digunakan sebagai alat bantu untuk kepentingan operasional bagian administrasi akademik dalam memperoleh informasi dari suatu basisdata akademik tanpa harus direpotkan dengan permasalahan struktur penulisan query dalam bentuk SQL standar.

Referensi:

https://sis.binus.ac.id/2016/12/15/teori-text-mining-dan-web-mining/
http://muhammadshiddiq-aa.blogspot.co.id/2016/12/pemrosesan-antarmuka-bahasa-alami-ke.html

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »